Jalan Tol Cikopo Palimanan, Strategi Urai Kemacetan Di Pantura

Jalan Tol Cikopo Palimanan

Jalan tol cikopo palimanan atau yang lebih terkenal dengan sebutan jalan tol cipali adalah jalan tol baru di indonesia. jalan tol ini memiliki panjang 116,75 kilometer dengan melintasi beberapa daerah yaitu cikopo, purwakarta, cirebon dan jawa barat. Jalan tol cipali sendiri merupakan jalan tol yang menjadi lanjutan dari jalan tol cikampek jakarta yang menghubungkan jalan tol kanci palimanan. Jalan tol cipali adalah bagian dari megaproyek jalan tol trans jawa. Jalan tol trans jawa inilah yang akan menghubungkan merak, banten, jawa timur dan banyuwangi.

Manfaat pembangunan jalan tol cikopo palimanan diprediksi akan memangkas banyak waktu dibandingkan dengan melintasi pantura. Dengan melewati jalur tol cipali pengendra akan memangkas waktu sejauh 1,5 hingga 2 jam dan memperpendek jarak 40 km. Dengan adanya jarak yang diperpendek tentunya waktu perjalanan akan semakin efisien serta menghemat biaya produksi. Pembangunan jalan tol ini tentunya bisa meningkatkan arus distribusi barang dan manusia di kawasan jawa barat dengan jawa tengah. Program pembangunan ini tentunya tidak akan terealisasi tanpa adanya kemauan dari kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat beserta dengan badan pengawas jalan tol. Pemerintah melalui kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang bekerja sama dengan swasta berusaha mewujudkan mobilitas yang tinggi di kawasan jawa tengah dan jawa barat demi efisiensi dan kenaikan perekonomian.

Proyek pembangunan jalan tol cikopo palimanan

Pembangunan tol cikopo palimanan sendiri terdiri dari beberapa seksi atau tahap. Proyek jalan tol cipali merupakan proyek jalan tol yang di biayai dengan model skema publik privat partnership atau baisa disebut dengan skema kerjasama pemerintah swasta atau KSP. Kerjasama ini bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan kapasitas jaringan jalan serta mendorong perkembangan perluasan kawasan wilayah pendukung di daerah jawa barat. Pembangunan jalan tol sendiri di lakukan oleh pt lintas marga sedya (LMS/limas) yang memiliki komposisi pemegang saham di jalan adalah operator jalan negara malaysia barat yaitu PLUS express ways berhad sebesar 55 persen dan PT Bashkhara utama sedya sebesar 45 persen dari total investasi.

Besaran dari total investasi untuk jalan tol cipali ini sendiri adalah sebesar Rp 12,56 trilliun rupiah dengan masa tenggang selama 35 tahun. Untuk pekerjaan konstruksi jalan menggunakan konsorsium dari PT Karabha Griyamandiri dan PT Nusa Raya Cipta Joiny Operation atau KGRRCJO. Proyek jalan tol ini dimulai dari groun breaking yang di lakukan oleh menteri pekerjaan umum djoo kirmanto tanggal 8 desember 2011 dan kemudian diresmikan oleh presiden joko widodo tahun 2015 tepatnya tanggal 13 agustus. Jalan tol cipali sendiri dibangun dengan luasan lahan 1.080,69 hektare dan dibagi menjadi enam tahap yaitu :

  1. Tahap I, cikopo hingga kalijati sejauh 29, 12 kilometer
  2. Tahap II, kalijati hingga subang sejauh 9.56 kilometer
  3. Tahap III subang ke cikedung sejauh 17,66 kilometer
  4. Seksi IV melalui cikeudung hingga kertajati 17 ,66 kilometer
  5. Tahap V kertajati ke sumberjaya sejauh 14.51 kilometer
  6. Tahap Vi melalui sumber jaya ke palimanan sejauh 14.53 kilometer

Fasilitas Jalan Tol Cikopo Palimanan

Jalan tol cikopo palimanan merupakan ruas jalan tol terpanjang di indonesia saat ini. oleh karena itu di jalan tol ini banyak di bangun tempat istirahat atau rest area. Selain itu jalan tol cipali memiliki beberapa fasilitas yang bisa di gunakan oleh para pengendara saat melalui jalan tol. Jalan tol ini memiliki 8 tempat peristirahatan, 7 simpang susun dan 7 tempat untuk pertukaran yaitu cikopo, kalijati, subang, kertajati, sumberjaya, cikeudung dan palimanan. Untuk tarif tol cipali sendiri menyesuaikan dengan jenis golongan kendaraan. Untuk setiap kilometernya mobil golongan satu di tarif Rp 823 per kilometer atau Rp 95 0000 untuk jarak yang paling jauh dari jalan cikopo palimanan.

Untuk tempat istirahat yang disediakan oleh pengelola tol cipali ini ada delapan titik untuk tempat istirahat. Ke delapan tempat tersebut ada dibagian barat dan timur dari jalan tol. Fasilitas yang diberikan oleh tempat istirahat tersebut meliputi SPBU, Masjid, restoran dan toilet. Kedelapan tempat istirahat tersebut adalah di lokasi di kilometer 86 dari arah timur, kilometer 86 dari arah barat, kilometer 102 dari arah timur dan kilometer 101 dari arah barat, kilometer 130 dari arah barat dan dari arah timur, kilometer 166 dari arah timur dan kilometer 164 dari arah barat

Efektifitas Jalan Tol Cikampek Palimanan

Proyek pembuatan tol cipali sejak awal memang telah diklaim mampu atasi kemacetan yang selalu terjadi di pantura. Hal ini ditegaskan oleh kementrian perhubungan bahwa dengan beroperasinya jalan tol cipali akan mampu mengurangi kemacetan yang ada di pantura. Kemacetan ini pada umumnya disebabkan adanya pasar tiban yang biasanya terdapat saat mendekati musi mudik lebaran. Direktur jenderal perhubungan darat, djoko susanto seperti yang telah dilansir oleh CNN indonesia menyatakan bahwa dengan beroperasinya tol cipali kemacetan di jalan pantura bisa tereduksi hingga 40 persen. Pasalanya sepanjang 116,75 kilometer jalanan akan bebas gangguan.

Pihak departemen perhubungan sendiri menyatakan bahwa telah melakukan berbagai upaya untuk menguraikan kemacetan yang selalu menimpa jalan pantura. Pemerintahan daerah sendiri telah di instruksikan untuk mengubah arah pasar tiban tidak menghadap ke jalan raya. Hal ini penting terutama saat musim mudik lebaran. Pihak kementrian juga menghimbau agar berhati hati. Pasalnya jalan tol ini kan banyak dipenuhi oleh para pengendara sepeda motor. Sehingga harus tetap berhati hati mengingat panjangnya ruas jalan yang ditempuh dijalan tol cipali ini.

hal ini juga di dasarkan akan data kecelakaan yang telah terjadi di jalan tol cipali. Paska di resmikan jalan tol cipali telah terjadi kecelakaan hampir 30 kali. Pada umumnya hal ini karena adanya human error dimana pengemudi telah lelah. Jalanan yang panjang dan lurus tentunya membuat para pengemudi lelah. Oleh karena itu saat melewati tol cipali ini pengemudi diharapkan untuk selalu waspada dan berhati hati.

Selain jalan atau trayek yang panjang ternyata proyek tol cipali ini memiliki kontroversi lainnya. pemberian nama dari tol cipali ini awalnya menuai sejumlah kritik dari beberapa kalangan. Bupati purwakarta menolak pemberian nama tol ini. awalnya namanya adalah cikampek palimanan namun karena bagian hulu dari jalan tol cipali adalah cikopo sehingga harusnya namanya adalah cikopo palimanan. Cikopo sendiri notabene adalah wilayah di kabupaten purwakarta. Dia menyebutkan bahwa pemberian nama ini sendiri harusnya berdasarkan letak geografis yang berada di desa cikopo. Sehingga saat peresmian nama jalan tol ini adalah cikopo palimanan.

Pembangunan tol cipali ini baru diresmikan tahun 2015. Tentunya pembangunan ini masih dalam proses berkelanjutan. Tak hanya itu pihak pengelola tentunya juga akan meningkatkan pelayanan yang diberikan untuk pembangunan jalan tol ini. pembangunan jalan tol terpanjang di indonesia ini tentunya terjadi berkat bantuan semua pihak yang telah menyukseskan pembangunan ini. dengan skema kerjasama antara pemerintah dan swasta diharapkan skema ini akan berjalan di proyek yang akan datang. Jalan tol cikopo palimanan adalah awal dari megaproyek trans jawa yang akan masih berlanjut.

Description : jalan tol cikopo palimanan merupakan jalan tol yang mengubungkan dari tol jakarta cikampek yang menghubungkan dengan pantura.