Tol Cipularang, Persingkat Jarak Tempuh Jakarta Bandung

Tol Cipularang

Jalan tol cipularang merupakan jalan tol yang menjadi akronim atau kepanjangan dari jalan tol cikampek – purwakarta – padalarang. Jalan tol ini merupakan jalan tol di indonesia yang menghubungkan antara kota jakarta dengan bandung. Jalan tol ini sendiri di bangun saat bulan april tahun 2005. Jalan tol ini membentang sepanjang cikampek ke purwakarta hingga ke padalarang. Karena jalan tol ini berada di daerah pegunungan maka jalannya turun naik sehingga mempunyai banyak jembatan yang panjang dan tinggi. Pembangunan jalan tol ini tentunya tidak terlepas dari kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang memprakarsai pembangunan jalan tol yang ada di indonesia.

Pembangunan jalan tol yang ada di indonesia tak akan lepas dari peran kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Kementrian inilah yang menaungi badan pengawas jalan tol atau dikenal dengan BPJT. Pembentukan Badan pengawas jalan tol sendiri berdasarkan adanya undang-undang yang terbit tahun 2004 nomor 38 tahun 2004 tentang jalan yang mengamanatkan badan pengawas jalan tol yang menjadi regulator bagi jalan tol. Selama ini regulator jalan tol di pegang oleh PT. Jasa Marga. Dalam melaksanakan pembangunan jalan tol, pemerintah menerapkan pendekatan yang paling memungkinkan untuk melakukan pendanaan dengan sistem pembiayaan penuh oleh swasta, program kerjasama dengan swasta publik atau dikenal dengan public private partnership atau ppp serta pembiayaan pembangunan oleh pemerintah dengan operasi pemeliharaan swasta.

Fasilitas Tol Cipularang

Pembangunan tol cipularang telah berlangsung sejak tahun 2003. Pembangunan ini dilakukan secara bertahap. Pembangunan jalan tol ini merupakan pembangunan jalan tol yang membuka akses untuk wilayah jawa barat dan jakarta khususnya untuk kota bandung dan jakarta. Dengan menggunakan akses jalan tol ini, pengendara jalan akan memakan waktu yang lebih sedikit. Selain itu pembangunan jalan tol juga akan menaikkan potensi ekonomi kawasan yang menjadi lokasi di bangun jalan tol.

Untuk tol cipularang sendiri di bangun dengan dua tahap. Tahap pertama yaitu cikampek ke sadang di buka tahun 2003 pada tanggal 1 agustus. Kemudian selanjutnya dibangun pula tol padalarang ke cikamuning yang dibuka tanggal 21 september tahun 2003. Total jalan tol ini yang di bangun adalah sepanjang 17,5 kilometer. Untuk tahap duanya yaitu jalur ke sadang ke cikamuning yang dibuka pada tanggal 26 april tahun 2005 sepanjang 42 kilometer. Efisiensi yang di gunakan untuk jalan tol ini cukup signifikan. Perjalanan dari jakarta ke bandung bisa di hemat waktunya hingga 1 jam 30 menit jika di hitung dari tol cawang.

Jalan tol cipularang memiliki banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengendara. dilokasi jalan tol ini ada lima titik yang bisa di gunakan untuk tempat istirahat. Kelima tempat istirahat tersebut adalah terletak pada kilometer 72 A dari arah bandung, kemudian kilometer 72 B dari arah jakarta, selain itu untuk tempat istirahat ke tiga terletak di kilometer 88 A dari arah bandung, dan tempat istirahat ke empat terletak di kilometer 88B dari arah jakarta, untuk tempat istirahat kelima terletak di kilometer 97 B dari arah jakarta.

Selain itu dilokasi jalan tol ini juga terdapat beberapa jembatan. jembatan jembatan tersebut antar lain jembatan ciujung sepanjang 500 meter pada kilometer 95, jembatan cisomang sepanjang 252 meter yang terletak di kilometer 101, jembatan cikubang sepanjang 520 meter yang terletak di kilometer 110, jembatan cipada sepanjang 720 meter terletak di kilometer 112, dan jembatan terakhir adalah jembatan cimeta sepanjang 400 meter terletak di kilometer 117.

Untuk gerbang tol sendiri di di kawasan tol cipularang sendiri bisa dari berbagai daerah. Anda bisa memasuki gerbang dawuan intercanhe untuk tujuan ke jalan tol jakarta cikampek pada kilometer 67. Jika anda melewati gerbang dari sadang di kilometer 76 maka anda dapat keluar menuju purwakarta, sadang dan subang. Jika masuk melalui gerbang jatiluhur di kilometer 84 maka bisa keluar ke arah tujuan purwakarta, jatiluhur dan ciganea. Jika masuk melalui gerbang cikamuning di kilometer 116, tujuannya adalah cikalong wetan, kemudian purwakarta, cikamuning jika masuk melalui gerbang dari arah bandung. Jika masuk melalui padalarang barat pada kilometer 120, maka bisa keluar menuju tujuan gerbang perbatasan jalan tol cipularang menuju purwakarta, cikampek, jakarta dan paluenyi yang menuju cimahi, bandung dan ciluenyi. Sedangkan untuk yang masuk dari gerbang padalarang yang berada di kilometer 121, keluar menuju palarang, cianjur dan cikalong wetan.

Tarif Tol Cipularang

Untuk tarif tol di cipularang sendiri merupakan tarif tol dengan kondisi rupiah normal tanpa redominasi. Untuk rute dari padalarang hingga cikamuning baik dari golongan I, II, III, IV, dan golongan V meliputi 3000, 4500, 6000, 7000 dan 9000. Jika melalui sadang ke jatiluhur untuk tarif berdasarkan berbagai golongan meliputi golongan I 5000, golongan II sebesar 7500, golongan III 10000, golongan iV sebesar 12500 dan golongan V sebesar 15000. Jika melalui gerbang dari dawuan ke sadang untuk golongan I tarifnya sebesar Rp 6000, golongan II Rp 9000, golongan III 12.000, golongan IV 15.000 dan golongan V yaitu Rp 18000. Untuk jarak dari dawuan ke jatiluhur untuk golongan Rp 11.000, untuk golongan II sebesar 26.500, golongan III sebesar Rp 22.000, golongan ke IV sebesar 27.500 dan golongan V sebesar Rp 33.000. untuk jalur dari dawuan padalarang untuk golongan I sebesar 34.000, golongan II sebesar Rp 51.000, golongan III sebesar Rp 67,500 golongan IV sebesar Rp 84000 dan golongan V sebesar Rp 101.000

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Di Tol Cipularang

Ruas tol cipularang yang melewati pegunungan dan jembatan memang menjadi area yang rawan kecelakaan. Hal ini harus di perhatikan baik baik oleh semuia pengendara. Daerah ruas tol cipularang sendiri yang paling rawan adalah saat kilometer 90 hingga kilometer 100. Di kilometer tersebut arah jakarta akan ada tanjakan sepanjang 10 kilometer, dan kemudian ada turunan panjang. pada umumnya tanjakan dan turunan curam tersebut ada penambahan jalur untuk truk dan bus yang berjalan lambat. Bahkan sejak di buka tol cipularang sendiri beberapa kali mengalami amblas atau jalan yang longsor ke bawah.

Jalan yang amblas memang mengenai jalan dua kali sejak di buka tahun 2005. Karena ada peristiwa jalan yang amblas ini maka kendaraan truk dan trailler dilarang masuk di kawasan jalan tol ini. wilayah yang pernah amblas adalah di daerah pasir honje di kilometer 91,6 jalan tol ruas ini amblas terutama di km 24,6 kemudian di wilayah kampung lebak ater, kecamatan darangdan, purwakarta di kilometer 96,8 ruas jalan tol cipularang di kilometer 29,8 sendiri arah jakarta ke bandung amblas. Kejadian ini tentunya menjadi perhatian banyak pihak. Jangan sampai hingga jalan yang amblas ini bisa mengancam keselamatan pengendara yang melalui jalan tol ini.

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang sudah seharusnya berkendara di jalan ini sudah bebas hambatan dan kecelakaan. Keselamatan di jalan tol menjadi prioritas utama dari pihak pengelola maupun pemerintah. Selain itu pengendara juga di anjurkan untuk berhati hati ketika melalui jalan tol ini. jalan tol cipularang telah di atur sedemikian rupa oleh pemerintah untuk mengatasi jalur lalu lintas bandung jakarta agar lebih efektif dan efisien.

Description : jalan tol cipularang merupakan jalan tol yang dibangun untuk memperpendek jarak tempuh dari bandung ke jakarta