Proyek Pembangunan Jalan Tol Ciawi Sukabumi Terus Berjalan

Tol Ciawi Sukabumi

Jalan tol ciawi sukabumi merupakan jalan tol yang menghubungkan bogor dan sukabumi. Panjang ruas jalan tol ini sendiri sepanjang 53,5 kilometer yang. Pembangunan jalan tol ini sendiri diharapkan dimulai sejak tahun 2011. Namun karena ada beberapa kendala pembangunan jalan tol sendiri baru dimulai bulan februari tahun 2015 ini. Pembangunan tol ini untuk ground breaking atau seksi satu yaitu ruas ciawi sukabumi sepanjang 15,4 kilometer. Jalan tol ini diharapkan akan mengembangkan kawasan strategis di daerah jakarta sukabumi dan pengembangan wilayah jawa barat bagian selatan.

Tujuan utama pembangunan tol ciawi sukabumi sendiri adalah untuk megurai kemacetan yang ada di beberapa titik di jakarta sukabumi. Proyek ini diharapkan untuk mengembangkan kawasan wilayah jawa barat serta meningkatkan aksesbilitas sehingga dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi serta terdapat pemerataan pembangunan. Pembangun tol ini sendiri diharapkan akan selesai tahun 2017. Sehingga dalam kurun waktu dua tahun tol ini telah beroperasi. Untuk pendanaan dari pembangunan jalan tol ini sendiri dibiayai oleh modal dari pinjaman bank rakyat indonesia. Panjang dari tol ini sendiri adalah 54 km dengan waktu konsesi hingga 45 tahun. tol ini melewati dua kota yaitu bogor, sukabumi serta kabupaten bogor dan sukabumi.

Proses Pembangunan Tol Ciawi Sukabumi

Pembangunan tol ciawi sukabumi akan dilakukan bertahap. Tahapan pertama adalah seksi I yaitu ciawi ke cigombong sepanjang 15, 35 kilometer, seksi II untuk cigombong ke cibadak sepanjang 11,9 kilometer, dan seksi III cibadak ke sukabumi barat sepanjang 13,7 kilomter dan seksi iV sukabumi barat hingga sukabumi timur sepanjang 13,05 km. Proses pembangunan tol ciawi sukabumi sendiri menghabiskan dana sebesar 5,4 trilliun rupiah. Tak hanya itu sebanyak Rp 725 milliar merupakan dana untuk pembebasan lahan yang memakan luasan hingga 142,2 hektare yang merupakan lahan pemukiman seluas 24, 66 hektare, persawahan sebanyak 142,2 hektare dan yang ladang seluas 74,55 hektare.

Konsensi jalan tol ciawi sendiri di pegang oleh pt trans jabar tol yang akan mengelola jalan tol ini hingga 35 tahun. hal ini sudah terhitung sejak tahun 2007. PT Trans Jabar sendiri merupakan konsororium tiga perusahaan yaitu pt bakrie toll road sebanyak 60 persen, pt jasa sarana jabar sebanyak 25 persen dan PT Bukaka Teknik Utama sebanyak 15 persen. berdasarkan badan pengawas jalan tol atau BPJT dari kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, hingga kini pembangunan jalan tol ini baru tercatat sebanyak 13,7 persen.

Pengerjaan proyek ini sendiri adalah PT MNC Land yang mengambil alih pembiayaan pembebasan lahan. Biaya yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan sendiri mencapai Rp 824 milliar. Pemerintah sendiri melalui kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat melalui badan pengawas jalan tol, telah selesai melakukan tender dengan salah satu kontraktor yaitu PT Waskita Karya dan posco dari korea selatan. MNC group sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Trans Jabar toll yang akan membagi menjadi beberapa paket, setiap paketnya terdiri dari 5 kilometer.

Proses Pembebasan lahan Tol Ciawi Sukabumi Seksi I

Jalan tol ciawi sukabumi proses pembangunannya telah lama terhenti. Perencanaan proyek ini sejak tahun 2007 namun terkendal banyak hal termasuk pada pembebasan lahan. Tahun 2009 pembebasan terhambat karena adanya masalah pendanaan di tahun 2009. Kemudian di tahun 2010 sendiri baru bisa di atasi, dimana warga yang tergusur baru bisa mendapat ganti rugi pada minggu ke empat pada bulan november 2010. Pembebasan lahan ini terus di geber untuk menyelesaikan percepatan pembangunan jalan tol ini sendiri. Pihak kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat serta pemerintah daerah jawa barat menggeber percepatan untuk kelanjutan dari proyek jalan tol ini.

Penyerahan uang pembebasan lahan sendiri telah dilaksanakan untuk beberapa saat yang lalu. Hal ini untuk melaksanakan proyek tol ciawi sukabumi I. Untuk seksi jalur sepanjang 15 km ini telah 100 persen di bebaskan lahannya. Lahan yang telah di bebaskan adalah jalur kelurahan rancamaya dengan telah terbitnya sertifikat hak pakai tanah atas nama pemerintahan republik indonesia dan kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, sedangkan untuk jalur bogor sendiri melalui jalur kelurahan harjasari, muarasari, bojongkerta dan kertamaya juga telah tuntas 100 persen. menteri pekerjaan umum sendiri seperti dilansir harian detik.com menyebutkan bahwa pengadaan tanah untuk seksi I telah seelsai dan mencapai 70,54 persen. proyek ini akan rampung di tahun ini sehingga tahun 2006 ruas jalan tol ini telah selesai.

Investasi yang diberikan untuk tol ciawi sukabumi sendiri mencapai Rp 4,17 triliun. Jalan tol ini juga terbagi menjadi empat seksi yaitu ciawi cigombong, cibadak sukabumi, cigombong ci badak dan cibadak sukabumi. PT MNC tol investama yang menjadi grup usaha dari grup MNC yang dimiliki oleh taipan hari tanoesoedibyo merupakan penanggungjawab dan pemilik ruas jalan tol ciawi sukabumi. Karena proses pembersihan lahan sudah hampir rampung tentunya hal ini akan mempercepat pengerjaan konstruksi yang akan dilakukan. Untuk konstruksi sendiri dikerjakan oleh PT Waskita Karya Tbk dengan nilai kontrak hingga Rp 355 miliar, kemudian untuk konstruksi sendiri untuk seksi I sepanjang 15, 38 diperkirakan akan mencapai Rp 29,9 trilliun.

Hambatan proyek pembangunan tol ciawi sukabumi

Proses pembangunan tol ciawi sukabumi memang memakan banyak waktu. Pasalnya tol ini juga di bagi menjadi beberapa seksi. Jalan tol ini sendiri awalnya memang telah di canangkan sejak tahun 2007 namun berbagai kendala menghampiri pembangunan tol ini. untuk itu dilakukan banyak antisipasi dari pemerintah untuk menjalankan program tol ini agar cepat selesai. Pemerintah menjalankan skema kerjasama dengan beberapa perusahaan swasta untuk merampungkan segala permasalahan pembebasan lahan. Hal ini tentunya tak akan terjadi tanpa ada niatan baik dari semua pihak untuk merampungkan pembangunan jalan tol ini.

Walaupun pembangunan jalan tol ini juga sempat terhambat di awal-awal pembangunannya namun pemerintah optimis akan menyelesaikan pembangunan tol ciawi sukabumi ini. Pembangunan jalan tol bogor ciawi sukabumi mengalami kendala karena ada proyek pembanguanan yang belum bisa dilakukan pada maret 2015 kemarin. Hal ini disebabkan karena pihak PT Surya Mas yang menjadi pengembang untuk perumahan rancananya belum bisa dibebaskan tanahnya. Dari lahan seluas 5,4 hektare belum ada yang bisa di bebaskan untuk proyek jalan tol ini. Lahan perumahan rancamaya sendiri yang akan di bebaskan meliputi 18 ribu meter persegi. Sedangkan pihak MNC grup sendiri yaitu hari tano telah memerintahkan anak perusahaan seperti PT MNC tol investama untuk segera mengerjakan proyek tol ini. target yang dicanangkan adalah dalam waktu 24 jam. Dengan ruas jalan sepanjang 15,35 kilometer yaitu untuk ruas ciawi ci gombong.

Proyek pembuatan jalan tol ciawi sukabumi ini memang banyak hambatan. Namun pemerintah optimis akan menyelesaikan berdasarkan tenggat waktu yang telah di tentukan. Presiden sendiri telah menginstruksikan untuk segera merampungkan pembangunan tol jawa barat ini. Proyek tol ciawi sukabumi merupakan bagian dari proyek jalan tol jabar. Presiden sendiri mengintrsuksikan untuk segera memulai pembangunan dengan segala konsep yang telah disiapkan semuanya. Jalan tol ciawi sukabumi merupakan jalan tol di jawa barat yang akan memberikan manfaat banyak bagi perkembangan kawasan tersebut. Sehingga sudah saatnya untuk segera di selesaikan.

Description : jalan tol ciawi sukabumi masih dalam tahap penyelesaian untuk seksi I. Diharapkan proyek ini akan selsesai di tahun 2017